Senin, 11 April 2016

Mengenal Sistem Pencernaan Aves dan Organ – Organ yang Membantunya

Sistem Pencernaan Aves - Aves atau burung adalah sejenis unggas yang memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan hewan yang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sistem pencernaan hewan dibedakan dari habitat, jenis makanan dan jenis hewan itu sendiri. Sistem pencernaan aves terdiri dari dua jenis yaitu organ pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini adalah beberapa hal mengenai sistem serta organ pencernaan yang ada pada burung:

- Sistem Pencernaan Mekanik

Ini merupakan sistem pencernaan aves yang terjadi didalam rongga mulut. Secara umum semua jenis hewan memiliki sistem pencernaan semacam ini. Makanan yang dicerna di rongga mulut akan dibantu dengan lidah lalu disalurkan menuju ke kerongkongan. Kerongkongan burung berfungsi untuk menyalurkan makanan menuju tembolok lalu ke empedal.

- Sistem Pencernaan Enzimatis

Sistem pencernaan jenis enzimatis yang terjadi pada burung merupakan hasil dari bantuan enzim ptyalin. Makanan yang sudah dicerna akan masuk ke lambung yang dibantu oleh asam klorida atau HCL. Lalu, setelah makanan dicerna dengan baik, selanjutnya akan disalurkan menuju usus oleh enzim dari pancreas.

- Sistem pencernaan Biologis

Sistem pencernaan biologis ini terjadi dengan adanya bantuan dari bakteri. Proses pencernaan ini biasa dikenal sebagai proses pencernaan secara mikrobiologi yang terjadi di usus besar.

Itu adalan sistem pencernaan yang ada di burung. Sistem pencernaan tersebut dibantu oleh alat – alat sebagai berikut:

- Rongga mulut

Dalam rongga mulut, makanan akan dicampur dengan ludah untuk bahan lubrikasi air.

- Tembolok

Tembolok adalah saluran yang berfungsi untuk menghubungkan rongga mulut menuju lambung. Makanan tidak memiliki proses apapun disini karena berfungsi untuk menyalurkan serta menimbun makanan.

- Lambung

Lambung berfungsi untuk mencerna makanan dengan enzim serta asam klorida atau HCL.

- Ampela

Ampela berfungsi untuk menghancurkan makanan menjadi lebih halus.

- Usus halus , usus besar, kloaka

Usus halus akan menyerap makanan kemudian membuangsisanya ke usus besar dan dikeluarkan melalui kloaka.

Itulah beberapa hal mengenai sistem pencernaan aves yang perlu anda ketahui dengan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar