Kamis, 17 Maret 2016

Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan

Akuntansi biaya merupakan bagian dari pada akuntansi keuangan yang membahas tentang hal yang berhubungan dengan biaya dalam arti luas. Seperti yang telah diketahui bahwa akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba-rugi, dan laporan laba ditahan serta laporan arus kas. Elemen biaya merupakan akuntansi biaya yang masuk sebagai bagian daripada akuntansi keuangan yang hanya menyajikan sebagian elemen dari laporan laba dan rugi.

Ada dua penggolongan akuntansi biaya yaitu akuntansi biaya dan akuntansi manajemen. Akuntansi biaya adalah akuntansi biaya yang berkaitan dengan penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Sedangkan akuntansi manajemen yang merupakan akuntansi biaya yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Pengertian dan Klasifikasi Biaya
Ada dua istilah dalam akuntansi biaya yaitu harga pokok atau harga perolehan (cost) dan biaya atau beban (expense). Pengorbanan biaya berupa pengurangan aktiva atau adanya kewajiban untuk menghasilkan barang dan jasa disebut sebagai harga pokok yang mana akan memberi manfaat di masa mendatang. Adapun harga pokok yang sudah memberi manfaat dan telah habis digunakan disebut biaya. Pada kenyataanya, istilah biaya dipergunakan untuk dua pengertian di atas.

Klasifikasi biaya

Klasifikas biaya dilihat dari elemen produk atau harga pokok produk dibedaan menjadi tiga yaitu:
a.              Bahan baku (direct materials)
Bahan dikelompokkan menjadi dua yaitu bahan baku dan bahan penolong. Seluruh bahan yang dapat dikelompokkan dengan produk jadi, yang dapat dilihat ke dalam produk jadi, dan merupakan bagian yang paling besar dari biaya produksi disebut bahan baku. Sedangkan bahan penolong merupakan seluruh bahan yang tidak termasuk bahan baku.
b.              Tenaga kerja langsung (direct labor)
Tenaga kerja dikelompokkan menjadi dua yaitu tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Seluruh tenaga kerja yang melakukan proses produksi yang dapat dilihat ke dala produk jadi yang mana merupakan bagian terbesar daripada biaya tenaga kerja disebut tenaga kerja langsung. Sedangkan tenaga kerja tidak langsung merupakan semua tenaga kerja yang tidak bisa dipertimbangkan dalam biaya tenaga kerja langsung.
c.              Overhead pabrik (factory overhead)
Semua biaya produksi disamping biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut biaya overhead pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar